X

logo

Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)

Visi & Misi

03 Nov
2013

PENDAHULUAN
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) di bawah Universitas Widya Mataram Yogyakarta  adalah suatu lembaga yang didirikan untuk membina, mengkoordinir dan melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pengerjaan kegiatan dari pihak eksternal. Lembaga ini dibentuk bersamaan dengan berdirinya Universitas Widya Mataram Yogyakarta, pada tahun 1982.
Kehidupan dan perkembangan akademik di perguruan tinggi tidak terlepas dari perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (ipteks), serta tuntutan masyarakat yang terus meningkat seirama dengan meningkatnya kualitas kehidupan. Oleh karena itu keberadaan LPPM diharapkan dapat menjadi mitra bagi pemerintah selaku pengambil kebijakan maupun lembaga-lembaga lainnya baik swasta maupun industri dalam mengatasi berbagai persoalan yang sedang berkembang di masyarakat.

VISI LPPM
Mewujudkan pengembangan  intelektual, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis kebudayaan untuk  kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya (IPTEKS)  serta pemberdayaan masyarakat.

youtube.com/watch?v=4GHakdIadV4

MISI LPPM
Berdasarkan visi tersebut , maka  pencapaiannya ditetapkan misi LPPM sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan forum-forum akademi dengan kajian-kajian kritis  melalui pendekatan multi-disiplin dan kebudayaan terhadap berbagai persoalan masyarakat seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta adanya perubahan tuntutan masyarakat sebagai upaya mencari solusi atas isu-isu global maupun lokal.
  2. Melaksanakan peningkatan kualitas kepenelitian yang terkait  dengan berbagai persoalan masyarakat, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan kemampuan pendekatan kemutakhiran multi-disiplin serta kebudayaan.
  3. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada  masyarakat serta membina dan menerapkan IPTEKS kepada masyarakat secara luas,  terpadu dan strategis menuju pemberdayaan masyarakat.
  4. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan pihak-pihak eksternal dalam ikut berpartisipasi dalam penyusunan maupun evaluasi program-program pembangunan guna menunjang dan meningkatkan gerak pembangunan masyarakat baik lokal, regional maupun nasional.
  5. Melaksanakan penataan sumber daya manusia dan kelembagaan LPPM dengan membangun sistim kepemimpinan dan manajemen, serta jaringan yang luas bagi pengembangan masyarakat yang mendorong tercapainya visi UNIVERSITAS WIDYA MATARAM YOGYAKARTA.

TUJUAN
Berdasarkan pada visi dan misi, LPPM berusaha mendukung peningkatan kinerja UNIVERSITAS WIDYA MATARAM YOGYAKARTA   dalam hal peningkatan IPTEKS serta penerapannya yang relevan dengan pembangunan nasional dan perubahan masyarakat melalui penelitian-penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  memiliki tujuan :

  1. Meningkatkan relevansi program penelitian dan pengabdian masyarakat agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga dapat membantu pemerintah dalam mempercepat laju pembangunan.
  2. Mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di kalangan masyarakat dan membantu masyarakat dalam melaksanakan pembangunan melalui kegiatan produktif dan memanfaatkan sumber daya yang ada; sehingga menjadi universitas yang dekat dengan masyarakat.
  3. Memantapkan jaringan kerjasama dengan kelompok masyarakat, perguruan tinggi, dunia usaha kecil dan menengah, instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan maupun lembaga swadaya masyarakat.

ARAH STRATEGIS PROGRAM

  1. Penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang mengangkat lokal genius dan teknologi tepat guna yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, baik dalam konteks Rencana Pembangunan Jangka menengah dan panjang pemerintah maupun isu-isu global .
  2. Pembinaan, pelayanan, pendampingan, advokasi  dalam rangka pemberdayaan masyarakat, baik masyarakat pendidikan, pemerintahan, industri, maupun masyarakat umum yang memerlukan bantuan Perguruan Tinggi.
  3. Melaksanakan kegiatan seminar, lokakarya, workshop dan pelatihan-pelatihan dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

SASARAN  STRATEGIS KEMITRAAN
Sesuai dengan visi dan misi LPPM UWMY, maka perlu ditetapkan objek kajian penelitian  atau fokus perubahan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dipandang memiliki dampak besar dalam masyarakat., yaitu :

  1. Negara dan  Pemerintahan, baik dalam negeri maupun luar negeri.
  2. Partai politik
  3. Kelompok Masyarakat Miskin
  4. Dosen dan Mahasiswa
  5. NGO/ Lembaga Swadaya Masyarakat  Lokal, Nasional dan Internasional.
  6. Koperasi dan  Usaha Mikro Kecil Menengah
  7. Organisasi sosial / keagamaan

KEDUDUKAN HUKUM

  1. LPPM di bawah   dengan kedudukan hukukm sebagai berikut : Akta  Notaris  No : 153 tahun 1982. Diperbaharui  No : 12    tahun 2011.
  2. SK Menteri Hukum Dan HAM RI  No: AHU-173.AH.01.04 Tahun 2012. NPWP:  01.653.422.4-541.000.
  3. Statuta Universitas Widya Mataram Yogyakarta.